Senin, 22 November 2010

Soal UTS MSD Smt 7 Teknik Industri

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL 2010 / 2011

MATA KULIAH : MSDM
SEMESTER : VII
PRODI : TEKNIK INDUSTRI
HARI /TANGGAL : KAMIS, 25 NOPEMBER 2010
WAKTU : 75 MENIT
DOSEN : Ir. WIWIK SUMARMI, MT


Soal
1.Perusahaan dalam bidang jasa asuransi keuangan asing di Jakarta akhir-akhir ini mengalami penurunan kinerja karyawannya. Hasil survey yang dilakukan konsultan managemen mengindikasikan bahwa penurunan kinerja tersebut dikarenakan suasana dan lingkungan kerja tidak kondusit, sering terjadi konflik antar unit kerja serta ketidakcocokan antara keinginan individu dengan tugas pokok dan fungsinya. Manajer perusahaan berupaya meningkatkan kinerjanya dengan menambah imbalan jasa diatas rata-rata industri jasa asuransi serta menambah tunjangan insentif dan bonus yang lebih besar.

Pernyataan
Jika anda seorang manajer perusahaan tersebut Anda diminta mengidentifikasi factor-faktor penyebab penurunan kinerja dan langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan agar kinerja karyawan dapat ditingkatankan? Apakah dengan menabmbah imbalan jasa tersebut dapat menjamin peningkatan kinerja karyawan perusahaan tersebut?
(catatan : gunakan analisis tersebut dengan teori Herzberg)

2.Pada tahun 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaan dan berusaha membangun Negara. Kira-kira pada waktu yang sama Jepang melakukan hal yang sama. Sekarang Jepang justru jauh maju dibandingkan dengan Indonesia. Para pengamat mengatakan bahwa salah satu factor penyebab perbedaannya adalah factor kualitas SDM. Jelaskan factor apa yang sangat berpengaruh terhadap kualitas SDM.
3.Konsep spesifikasi pekerjaan dan uraian pekerjaan merupakan teknik tangguh untuk memperoleh mapannya produktivitas karyawan. Jelaskan perbedaan antara keduanya dan uraikan pendekatan yang dipakai dalam menyusun keduanya.
4.Tugas Jurnal anda yang saudara kumpulkan kemarin. Buatlah analisis permasalan yang ada,

NB : Mohon dikumpulkan waktu UTS tanggal 23 Nopember 2010

SELAMAT MENGERJAKAN

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger